Cari Blog Ini

Rabu, 08 Juni 2016

Mereka Yang Hidup dan Mati Jadi Pahlawan Jembatan Hijau

Apa itu jembatan?
Jembatan... tentu kita kenal apa itu jembatan, sesuatu yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, satu jalan dengan jalan lainnya. Jembatan biasanya melintang diatas lubang, got, parit, sungai, danau dan bahkan lautan.
Secara administratif sebuah jembatan biasanya milik bersama masyarakat tertentu atau milik pemerintah dibawah pengawasan instansi dinas bina marga, sungai dan taman atau dinas sejenisnya.
Tahukah anda jika di jembatan ada ekosistem yang membentuk suatu kehidupan jembatan, bahkan masyrakat jembatan. Banyak sekali mahluk hidup dan bahkan manusia yang hidup dan matinya bergantung dari ekosistim jembatan.
Saya yakin, setiap kita, baik sengaja maupun tidak pernah melintasi dan melihat jembatan, melihat apa yang ada disamping dan dibawah jembatan.
Ekosistem dan Komunitas Jembatan
Sekarang mari kita lihat kembali apa-apa yang ada di jembatan. Bagi masyarakat kota, khususnya di Jakarta anda akan melihat di sebagian jembatan ada banyak terkumpul sampah-sampah rumah tangga. Mulai dari sampah basah hingga sampai kering. Karena sampah tersebut banyak para pemulung barang bekas yang datang dengan sukarela untuk mengais barang bekas untuk kemudian dijual menjadi sumber kehidupan mereka.
Sampah-sampah yang tersisa biasanya akan dibersihkan oleh dinas kebersihan untuk diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah. Sedangkan sampah-sampah basah atau biji-bijian dan tumbuhan banyak yang tertinggal disekitar jembatan dan mulai tumbuh membentuk ekosistem khas jembatan.
Sebagai contoh, sekarang mari kita lihat jembatan sungai ciwulan dan anak sungai ciwulan serta jembatan-jembatan kecil di disepanjang aliran sungai ciwulan.
Jika anda berhenti sejenak dan memperhatikan ekosistem dan kehidupan disekitar jembatan ciwulan maka setidaknya anda akan menemukan salah satu dari beberapa hal berikut:
1.      Pohon / bibit obat herbal liar
2.      Pohon / bibit sayuran liar
3.      Pohon / bibit buah-buahan liar
4.      Pohon / bibit bunga liar
5.      Pohon / bibit industri liar
6.      Sampah rumah tangga
7.      Sampah industry
8.      Sampah pertanian
9.      Sampah basah
10.  Sampah kering
11.  Sampah kompos
12.  Sampah plastic
13.  Sampah bekas makanan / minuman
14.  Material sisa bangunan
15.  Kabel komunikasi
16.  Kabel listrik
17.  Saluran air
18.  Saluran minyak atau gas
19.  Binatang ternak waarga sekitar
20.  Binatang liar khas jembatan 
21.  Oknum masyarakat pembuang sampah sembarangan
22.  Oknum syarakat pengemis
23.  Oknum masyarkat pelacur
24.  Masyarakat pemulung
25.  Masyarkat pemancing
26.  Pangkalan ojek
27.  Masyarakat tukang ojek
28.  Lapak / warung kaki lima
29.  Masyarakat pedagang kaki lima
30.  Pangkalan taxi / mobil
31.  Masyarakat supir taxi / mobil
32.  Masyarakat pedagang asongan
33.  Masyarkat pecinta alam lingkungan
34.  Pahlawan lingkungan hidup
35.  Pencari surga Tuhan YME
36.  Dlln.
Nah... beigu banyak bukan mereka yang terhubung dengan sebuah jembatan. Lalu kita mau ngapaian?
Kita Mau Ngapain?
Sesuai dengan judul artikel kali ini maka sesungguhnya kita bisa memberi kehidupan dan menjadi pahlawan jembatan.  Bagaimana caranya, cara yang paling sederhana adalah dengan menjaga ekosistem dan komunitas jembatan selalu dalam kebaikan.
Cara Praktis Menjadi Pahlawan Jembatan
Baiklah sekarang mari kita lihat beberapa cara praktis untuk menjadi pahlawan jembatan.
1.      Merawat tanaman : jika kita menjumpai tanaman yang bermanfaat maka kita bisa membiarkan dan merawatnya tetap pada tempatnya atau memindahkannya pada lokasi yang lebih tepat sehingga tanaman tersebut tumbuh, berbuah dan memberikan manfaat pada manusia dan lingkungan sekitarnya. Contohnya jika anda mendapati pohon sirsak maka anda bisa merawatnya di daerah jembatan atau memindahkan ke tanah tetangga yang mau menerimanya. Tentu setelah tumbuh dan berbuah akan ada banyak sekali manusia, binatang dan lingkungan yang bisa mengambil manfaat darinya.
2.      Memanfaatkan limbah : jika anda mendapati limbah maka anda bisa mengambil dan mendaur ulang sehingga bisa bermanfaat untuk manusia dan lingkungan sekitar. Contohnya jika anda mendapati limbah plastik bekas air mineral maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pot tanaman atau menjualnya ke tukang rongsok agar bisa di daur ulang dan kembali bermanfaat bagi manusia dan lingkungan sekitar
3.      Menjaga lingkungan : jika anda ingin lingkungan jembatan bersih, indah dan memberikan manfaat maka anda bisa mengkampanyekan agar masyrakat sekitar tidak membuang sampah sembarang ke daerah sekitar jembatan, memanfaatkan lahan kosong sekitar jembatan, dan tentu saja mencegah setiap tindakan kejahatan yang mungkin terjadi di sekitar jembatan
4.      Niatkan saja dengan ikhlas. Tentu bagi umat islam semua perbuatan diatas tidak akan bernilai jika tidak diniatkan sebagai bagian dari ibadah kita kepada Allah SWT.

Sementara itu saja dulu yaa... semoga bermanfaat.

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar