Cari Blog Ini

Rabu, 08 Juni 2016

Daerah Aliran Sungai Ciwulan Tasikmalaya

Sungai ciwulan mengalir melewati Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya sepanjang 114 km yang airnya dipasok oleh sekitar 404 anak sungai.
Aliran sungai ciwulan ini tentu menjadi berkah tidak terhingga bagi masyarakat yang hidup di sepanjang aliran sungai ciwulan. Mereka memanfaatkan sungai ciwulan sebagai sumber penghidupan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pertanian, perikanan dan kebutuhan hidup lainnya.
Kolam ikan air tawar seluas 5.838 hektar menghasilkan ikan sekitar 31.787 ton ikan dan lahan pertanian seluas  49.631 hektar sawah menghasilkan panen sekitar 295.734 ton beras.
Aliran sungai ciwulan juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa yang bisa menarik minat para wisatawan.
Selain itu, tanah sepanjang aliran sungai ciwulan juga bisa digunakan untuk bercocok tanam tanaman-tanaman yang memiliki multi fungsi apotek hidup, warung hidup, taman keluarga, dan tanaman-tanaman industri yang bisa menarik minat para wisatawan.
Tanaman-tanaman tersebut misalnya adalah
1.      Sirsak (annoma muricata)
2.      Sirsak gunung (annona Montana)
3.      Manggis (garcinia mangostana)
4.      Mengkudu (Morinda citrifolia)
5.      Takokak (solanum torvum)
6.      Kacang gude (Cajanus cajan)
7.      Mahoni (Swietenia macrophylla)
8.      Ciplukan (Physalis peruviana)

9.      dll - 

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar