Cari Blog Ini

Minggu, 12 Juni 2016

BERKEBUN KURMA DI TASIKMALAYA

Pohon kurma di Desa/Kec:Mangunreja Kab: Tasikmalaya Jawa Barat



Sejak tinggal di Tasikmalaya salah satu hobi saya adalah berkebun tanaman herbal. Mulai dari sirsak, manggis, mengkudu, takokak, ciplukan, benguk, kacang gude, delima dan kurma.

Bertanam kurma awalnya karena di bulan Ramadhan 2016 banyak biji kurma sisa berbuka puasa dan makanan ringan selama bulan Ramadhan. Daripada dibuang mendingan ditanam saja, siapa tahu tumbuh dan berbuah.

Ketika saya sudah menanam biji kurma di polybag ternyata tetangga depan rumah saya memiliki pohon kurma yang sudah berumur sekitar 4 tahunan dengan tinggi sekitar 2 meteran. Ketika saya tanya darimana asal pohon kurma tersebut maka dia menjawab dari biji kurma yang mereka makan, tumbuh taksengaja. Ketika sudah memiliki dua sampai empat lembar daun maka pohon kurma tersebut dia tanam di depan rumah yang tumbuh dengan baik hingga sekarang.

Ketika saya tanya kemungkinan pohon kurma tersebut berbuah maka dia menjawab dengan menceritakan jika dia melihat ada pohon kurma yang tumbuh dan berbuah dengan baik di tetangga desa kita. Di daerah sentral desa Singaparna. Dengan demikian dia yakin jika pohon kurma yang dia punya akan berbuah dengan baik pula. Mendengar ceritanya saya juga menambahkan berita yang pernah saya lihat di TV jika di Riau ada beberapa pohon kurma yang tumbuh dan berbuah dengan baik. Demikian juga di Thailand pohon kurma sudah dibudidayakan sebagai sebuah perkebunan kurma.

Pohon kurma di Desa/Kec:Mangunreja Kab: Tasikmalaya Jawa Barat

Pohon kurma di Desa/Kec:Mangunreja Kab: Tasikmalaya Jawa Barat

Pohon kurma di Desa/Kec:Mangunreja Kab: Tasikmalaya Jawa Barat


Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar