Cari Blog Ini

Kamis, 19 Mei 2016

Hijrah Dari Kota Ke Desa (MIMPI JALUR SIRSAK SUNGAI CIWULAN)


BAB I
MIMPI JALUR SIRSAK SUNGAI CIWULAN

A.    Hijrah Dari Kota ke Desa

Hari senin sekitar Jam 11:11 11-01-2016 saya tiba di rumah Tasikmalaya dengan tujuan untuk menetap disini, di Kampung Kaum Utara Desa/Kec: Mangunreja Kab: Tasikmalaya bersama anak dan istri. Tentu dengan banyak tujuan dan visi yang ingin segera dilakukan.

Salah satunya adalah ingin menanam pohon sirsak. Satu atau dua pohon di halaman rumah yang bisa saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan buah dan minuman kesehatan keluarga kecil yang bahagia.

Pencarian benih sirsak dimulai dengan mengunjungi toko bibit tenaman terdekat. Di toko pertama ini kosong sehingga menimbulkan pemikiran untuk mencari bibit pohon sirsak liar yang tumbuh di pinggir jalan atau atau bantaran sungai tak bertuan.

Pencarian ini akhirnya membawa saya menelusuri jalan demi jalan di sekitar pusat kota Singaparna, Mangunreja bahkan hingga Salawu. Perjalanan ini menunjukan kepada saya jika faktanya banyak sekali pohon sirsak yang tumbuh dan dapat saya lihat sepanjang jalan yang saya lewati. Hal ini memberikan pemahaman kepada saya jika pohon sirsak dapat tumbuh subur di sekitar tempat tinggal saya.

Akhirnya setelah mengunjungi beberapa toko bibit tanaman pada Minggu 17-01-2016 saya mendapatkan 3 pohon sirsak yang saya beli dengan harga Rp.5000,- di daerah Salawu atau Cilawu saya kurang faham. Maklum masih orang baru he he.

Sorenya saya tanam satu pohon sirsak di halaman rumah dan yang dua lagi saya bingung mau di tanam dimana? maklum halaman rumah kecil, kalau di tanam di halaman rumah semuanya maka kelak kalau sudah besar akan sangat rimbun.

Karena hal tersebutlah kemudian terpikirkan untuk menanam pohon sirsak di pinggiran sungai Ciwulan. Dari sekedar mencari lahan kosong tak bertuan kemudian berkembang menjadi sebuah mimpi (visi dan misi) Jalur Sirsak Sungai Ciwulan Tasikmlaya.

Tergambar di pikiran saya jika daerah-daerah di sepanjang aliran Ciwulan dari hulu hingga hilir semua secara bersama-sama dan sukarela menanam pohon sirsak maka akan tercipta perubahan yang sangat cepat dan drastis dari berbagai segi kehidupan, seperti

·         Pertanian Sirsak
·         Perindustrian Sirsak
·         Pemasaran Sirsak
·         Pariwisata Sirsak
·         Kesehatan Masyarakat Sirsak
·         Kesejahteraan Masyarakat Sirsak

Benar... jika semua fase-demi fase seperti diatas berjalan maka akan terwujud satu tatanan masyarakat baru yang menghadapa ke sungai Ciwulan sejalan dengan ajakan Presiden Joko Widodo "Menghadapt ke Laut"


Untuk memulai mewujudkan mimpi tersebut maka langkah awal yang saya lakukan adalah membagi mimpi tersebut lewat blog ini dengan kerangka ide Jalur Sirsak Sungai Ciwulan Tasikmalaya dengan harapan akan mendapatkan sambutan atau menemukan orang-orang yang bisa bermimpi bersama saya mewujudkan tatanan masyarakat baru yang menghadap ke Sungai Ciwulan tersebut.

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar