Cari Blog Ini

Rabu, 20 April 2016

KANDUNGAN TAKOKAK

KANDUNGAN TAKOKAK

Sebuah penelitain berjudul Toksisitas Ekstrak Etanol Takokak (Solanum torvum) Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) yang dipublikasikan pada website http://prodid3gizi.poltekkes-malang.ac.id Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang Prodi D3 Gizi Malang menyimpulkan seperti berikut :

  1. Hasil uji fitokimia secara kualitatif menunjukkan bahwa ekstrak akar takokak mempunyai komponen yang paling lengkap yaitu alkaloid, triterpenoid, tanin dan flavonoid.
  2. Daya toksisitas ekstrak yang paling kuat adalah ekstrak daun takokak segar tanpa pengeringan dengan nilai LC50 yaitu sebesar 6,8 ppm.
Lebih lanjut dalam laporannya penelitian ini juga menuliskan manfaat fitokimia seperti berikut: 

  1. Alkaloid  mempunyai peranan  dalam pharmacologysebagai anti-bakteri, anti-kanker, stimulant, anti-hipertensi, vasodilator, anti-inflamasi dan anti-spamodik (Aberoumand 2012).
  2. Triterpenoid banyak digunakan sebagai pencegah penyakit (Sharma et al.2013). Fungsi triterpenoid adalah sebagai anti-tumor, anti-inflamasi dan anti-bakteri, (Mahato dan Sen 1996).
  3. Flavonoid mempunyai fungsi sebagai pelindung melawan alergi, inflamasi, radikal bebas, platelet aggregasi, mikroba, ulcer, hepatoxin, virus dan tumor. Flavonoid berpotensi sebagai pelarut antioksidan dan penangkal radikal bebas yang melindungi kerusakan sel, sebagai anti-kanker dan  melindungi serangan  karsinogen (Eleazu 2012 dan Percival 1998).
  4. Saponin mempunyai aktifitas farmakologi yang luas diantaranya; immunodulator, anti-tumor, anti-inflamasi, anti-virus, anti-jamur, hipoglikemik, dan efek hipokolesterol. Saponin mempunyai sifat mengendapkan dan menggumpalkan sel darah merah (Francis et al. 2002)

Keterangan diatas dicopy dan diedit seperlunya dari  Sumber: http://prodid3gizi.poltekkes-malang.ac.id:9080/berita-123-toksisitas-ekstrak-etanol-takokak-solanum-torvum-dengan-metode-brine-shrimp-lethality-test-bslt.html )

Tanin
Tanin mampunyai kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri karena mampu melarutkan lapisan lipid pada dinding sel bakteri. Hal ini menyebabkan kebocoran cairan dari sitoplasma dan kerusakan dari dinding sel. 

Dicopy, ditulis kembali dan diedit seperlunya dari hasil penelitian berjudul Daya Antibakteri Ekstrak Buah Takokak (Solanum torvum Swartz) terhadap Pertumbuhan Streptococcus mutans yang dilakukan oleh Arifatur Rokhmawati dkk. Pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember tahun 2014. Rujukan Doss A, Mubarack HM, Dhanabalan R. Antibacterial Activity of Tannins from The Leaves of Solanum trilobatum Linn. Ind. J. Sci. Technol. 2009 Feb; 2 (2): 41-43

A. Flavonoid : daun dan akar
B. Tanin : Buah, daun, batang dan akar (antibakteri)
C. Triterpenoid : Buah, batang dan akar
D. Alkaloid : Buah sedang, daun, batang dan akar
E. Chlorogenic acid
F. Neochlorogenic acid
G. Oleanolic acid
H. Steroidal saponins
I. Steroids
J. Ursolic acid
K. Vitamin C

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar