Cari Blog Ini

Rabu, 18 November 2015

DIABETES VS KAYU MANIS / ANIS

ORDER SMS 085227044550
BISA DIBELI LEWAT TOKOPEDIA

ARTIKEL INI DICOPY PASTE DARI:
https://www.borobudurherbal.com/artikel-kesehatan/diabetes-vs-kayu-manis/
Membantu meringankan kencing manis

Kegunaan lain :
Membantu mengobati perut kembung, gangguan pencernaan, mual dan menambah nafsu makan
Mengatasi hipertensi
Sebagai antirematik

Mekanisme kerja :
Sinamaldehid yang terkandung dalam kayu manis diketahui dapat meningkatkan aktivitas enzim piruvat kinase pada hati dan ginjal yang berperan dalam meningkatkan pelepasan insulin dan pengambilan glukosa melalui transporter glukosa (GLUT4). Efek dapat menurunkan kadar gula darah ini diduga melalui penurunan absorbsi glukosa melalui penghambatan hepatic glucose dengan menekan ekspresi gen pengatur dari hepatic gluconeogenesis. Dengan ditekannya ekspresi gen ini, maka perubahan glucose-6phospat menjadi glukosa dapat dihambat sehingga kadar glukosa dalam darah dapat diturunkan

POM TR 082 382 051

Komposisi :
Burmanii Cortex Extract 550 mg
Khasiat dan kegunaan :

Secara tradisional digunakan untuk membantu meringankan gejala kencing manis.

Cara pemakaian :
Minumlah secara teratur 2 kali sehari @ 2 kapsul. Dosis dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Peringatan :
Untuk penderita kencing manis yang telah ditetapkan oleh dokter.
Selama penggunaan konsultasikan pada dokter secara berkala.

=======

Diabetes VS Kayu Manis ??

Rempah kayu manis muksjizat untuk penyakit diabetes.
Kayu Manis dapat menyembuhkan diabetes ?? Rempah tanaman, yang sudah dikenal oleh masyarakat sebagai tambahan bumbu penyedap masakan dan sebagai bau khas masakan ternyata dapat menyembuhkan penyakit diabaetes ? lalu apa saja yang terdapat pada rempah tanaman ini ? kenapa bisa menyembuhkan penyakit diabetes yang menakutkan itu ,, ?
Sangat banyak tanaman rempah di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. namun, masyarakat sekarang lebih puas dengan hasil cepat dan mudah , namun tidak melihat efek kebelakangnya seperti apa, tetapi di jaman orde baru sekarang banyak masyarakat Indonesia telah bertukar fikiran , bagaimana memanfaatkan tanaman rempah sebagai obat herbal yang terpercaya, dan membuat image baru bahwa rempah tanaman yang sering menjadi hama tanaman ternyata mempunyai kandungan dan bisa menjadi obat herbal yang sangat munjarab tidak hanya dimanfaatkan sebagai ramuan penyedap masakan saja.
Negara- Negara maju salah satunya adalah China , merupakan Negara terbesar yang sudah menggunakan tanaman herbal rempah sebagai obat herbal utama untuk menyembuhkan penyakit yang di derita. Di Indonesia sangat kaya akan tanaman rempah herbal tersebut, nah lalu apa yang terdapat pada kayu manis sehingga dapat menyembuhkan diabetes ??
Penderita penyakit Diabetes sangatlah menyiksa semua pola makan harus diatur sedemikian rupa, mengkonsumsi obat kimia yang begitu banyak ?, dan mungkinkah hal itu tidak menimbulkan efek samping pada organ tubuh lainnya?? Begitu banyak rempah yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, namun pada artikel kali ini kami akan membantu dalam penjabaran kayu manis yang sehari – hari dapat ditemukan di pasar- pasar tradisional, dan di lain artikel kami akan membahas tentang rempah herbal lainnya yang dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes.
Namun tahukan anda setelah kami melakukan wawancara sedikit banyak masyarakat ada yang tau tentang kayu manis dan ada yang tidak , dan lebih banyak kami mendapat opini kebanyakan mengerti secara lisan kegunaan kayu manis sebagai tambahan ramuan pada resep makanan, namun belum mengetahui dan bahkan tidak mengetahui ciri tanaman ini , karena dalam peredarannya kayu manis dijual dalam bentuk kulit kayu !, yang sudah siap digunakan.
Lalu seperti apakah induk pohon kayu manis ?,. Tanaman kayu manis adalah pohon , tumbuh tegak , tahunan , hampir seperti pohon sengon, pohon jati, pohon kayu manis tingginya bisa mencapai 15 m. seperti pohon tahunan lainnya, pohon kayu manis batang bercabang, dan berwarna hijau kecoklatan , berdaun tunggal, berbentuk lanset, ujung dan pangkal meruncing, tepi rata, saat masih muda berwarna merah tua, / hijau unggu.
Salah satu produk olahan kayu manis disamping minyak kayu manis adalah oleoresin yang mempunyai nilai jual jauh lebih tinggi dari harga kayu manis tanpa diolah. Oleoresin dan minyak atsiri rempah-rempah banyak digunakan dalam industri makanan, minuman, farmasi, flavor (tembakau / rokok), fragrance, pewarna dan lain-lain. Oleoresin dalam industri pangan banyak digunakan sebagai pemberi cita rasa dalam produk-produk olahan daging (misalnya sosis, burger, kornet) dan bahan aditif pada pembuatan parfum serta obat-obatan.
Menurut penjelasan pakar obat-obatan herbal, Prof. Hembing Wijayakusuma, kayu manis berkhasiat untuk obat asam urat, tekanandarah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakitkepala (vertigo), masuk angin, diare, perutkembung, muntah-muntah, hernia, susahbuang air besar, asma, sariawan, sakitkencing, dan lain-lain.
Selain itu, kayu manismemiliki efek farmakologis yangdibutuhkan dalam obat-obatan Sifat fisik dari kayu manis ialah hangat, pedas, wangi, dan sedikit manis. Kandungankimianya antara lain minyak atsiri, safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksanat, dan zat penyamak.
Sinamaldehida merupakan turunan dari senyawa fenol. Menurut Moestafa (1988) dan Chairul (1994) minyak atsiri dari C. burmanni memilikikomponen utama sinamaldehida dandehidrokarveol asetat.
Seiring berkembangnya prinsip back to nature, masyarakat semakin menyukai dan menyenangi pengobatan ini, karena lebih ekonomis dan tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obat kimia.
Kayu manis dapat ditemukan tumbuh liar di hutan pada ketinggian 0 – 2000 m diatas permukaan laut. Namun, tanaman ini dapat tumbuh baik pada tanah yang subur, gembur, agak berpasir dan kaya bahan organic pada ketinggian 500 – 1500 m diatas permukan laut.
MANFAAT UTAMA KAYU MANIS ADALAH MENGOBATI DIABETES !!
Para peneliti dari Malmo University Hospital di Swedia meyakinkan bahwa dengan menambah sesendok pudding akanmenurunkan kenaikan kadar gula darah setelah makan pada sebuah kelompok relawan kesehatan.
Berdasarkan penemuan Dr. Joanna Hlebowicz dkk., pada 14 orang relawan kesehatan gula darahnya diukur sebelum dan sesudah makan semangkok bubur beras dan setelah makan makanan mengandung kayu manis. Pacsa pengujian darah yang diujikan ada relawan secara berurutan selama 2 jam, terbukti bahwa kandungan gula darah relawan menurun setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis .
Menurut Hlebowicz dan tim-nya, salah satu sebab yang memberikan dampak , yaitu kayu manis dapat memperlambat laju makanan dari lambung ke ususu. Dengan menggunakan ULTRASOUND SCANS , para penelit menemukan bahwa pada para relawan , pengosongan lambungnya menjadi lambat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis.
Hal yang mengejutkan adalah Hlebowicz melakukan kajian kecil yang menemukan bahwa penderita diabetes type 2 yang menambahkan kayu manis pada makanannya selama 40 hari , kandungan gula darah dan kolesterolnya cenderung menurun dengan tajam.
Lalu bagaimana cara mendapatkan khasiat dan manfaat kayu manis ???
Mari simak ! Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 60 penderita diabetes di Pakistan,menghasilkan kesimpulan bahwa kayu manis yang dimasukan ke dalam kapsul tidak hanya, dapat menetralkan gula darah saja, namun juga kadar kolesterol.Penderita diabetes yang menjadi responden dalam penelitian tersebut sebelumnya selalu mengkonsumsi kapsul pemicu penghasil insulin.
Namun demikian, tingkat ,gula darahnya tetap pada level 200-300 mg/dl. Dalam penelitian tersebut responden terbagi menjadi dua kelompok secara acak. Salah satu kelompok minum kapsul berisi bubuk kayu manis, sedangkan kelompok lain minum kapsul berisi tepung.
Pengkonsumsian kapsul ini dilakukan setiap hari. Hasilnya, kelompok orang yang minum kapsul berisi kayu manis tersebut dalam waktu 40 hari , kadar gula darah turun sekitar 20-30 persen, dan kadar kolesterolnya turun tara- rata 10-20 persen. Sedangkan kelompok orang yang minum kapsul berisi tepung tidak mengalami perubahan.
Selain bermanfaat untuk mengatasi diabetes, kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri lambung karena dingin,meningkatkan nafsu makan , mengobati sakit perut, diare, muntah-muntah, sariawan, rematik sendi kronis, sakit pinggang, asma , masuk angin , dan batuk.
Kami akan memberikan tips untuk mengolah kayu manis secara tradisional:
  • Rebus 6-10 gram kulit kayu manis dengan air sebanyak 400cc hingga tersisa 100cc, dingin dan minum
  • Gilling halus kulit kayu manis 6 -10 gram hingga menjadi serbuk, lalu seduh dengan air panas sebanyak 100 cc, dan minum selagi hangat.
Namun dengan berkembangnya zaman, proses ekstraksi kayu manis sudah banyak dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis dan lebih mudah dalam pengkonsumsian.
TIPS MENGATASI DIABETES
  1. Membiasakan diri dengan pola makan yang sehat.
  2. Mengurangi makanan yang banyak mengandung tepung dan gula.
  3. Melakukan olahraga secara teratur
  4. Mengontrol kadar gula darah secara rutin
Referensi :
  • Andi,Wahyudi.2004.Melawan Penyakit dengan Kayu Manis. Pikiran Rakyat.
  • Dalimartha, Setiawan. 2009. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, jilid6, Pustaka Bunda. Jakarta . Hal. 49-53
  • Hendrawan, Yoddy, 2007. Kebaradaan Kayu Manusia Mungkin Sebuah Mukjizat Untuk Diabetes. Wikipedia
  • Rismunandar, Paimin FB. 2001. Kayu Manis Budidaya dan Pengolahan. Jakarta: Penebar Swadaya.
  • Moestafa A. 1988. Penentuan komponen minyak daun Cinnamomum sp. Dan minyak kayu manis cina komersial dengan cara GLC dan GCMS. Pemberitaan Penelitian Tanaman Industri 14:1-11.
  • Chairul, Agusta A. 1994. Komponen penyusun minyak atsiri beberapa Cinnamomum. Di dalam: ProsidingPengembangan Riset dan Teknologi Bahan Obat Alami dan Rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia. Simposium Penelitian Bahan Obat Alami VIII. Bogor: Perhimpunan Penelitian Bahan Obat Alami dan Balitro.
Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar