Cari Blog Ini

Selasa, 11 November 2014

RIBA

DIDUKUG OLEH

Bin Muhsin Group

Toko Diskon Jakarta
Pengertian riba

Dari berbagai definisi yang kita kenal dalam berbagai literatur bisa kita fahami benang merah dari pengertian riba adalah pengambilan tambahan atau keuntungan dalam transaksi jual beli atau utang piutang dengan cara bathil atau tidak sesuai dengan syariat islam.


Dasar Hukum Riba

Banyak ayat Al-Qura`an yang menjelaskan kepada kita tentang keharaman riba contohnya seperti Surat Ali Imran:130, Al-Baqarah: 275-276, Al-Baqarah:278-279, Ar-Rum:39.

Banyak hadits nabi yang menjelaskan pada kita tentang keharaman riba contohnya seperti:

Jabir Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, penulisnya, dan dua orang saksinya. Beliau bersabda: "Mereka itu sama." Riwayat Muslim.

Dari Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Riba itu mempunyai 73 pintu, yang paling ringan ialah seperti seorang laki-laki menikahi ibunya dan riba yang paling berat ialah merusak kehormatan seorang muslim." Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan ringkas dan Hakim dengan lengkap, dan menurutnya hadits itu shahih.

Dari Ubadah al-Shomit bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "(Diperbolehkan menjual) emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, sya'ir dengan sya'ir, kurma dengan kurma, garam dengan garam, sama sebanding, sejenis, dan ada serah terima." Riwayat Muslim.


Barang Ribawi

Barang ribawi adalah barang yang berlaku riba padanya atau barang yang bisa menyebabkan praktek riba terjadi, misalnya adalah

  1. Emas
  2. Perak
  3. Makanan yang mengenyangkan seperti gandum, sya`ir dan kurma kurma
  4. Sesuatu yang berguna untuk yang mengeyangkan seperti garam
Keempat barang diatas dikelompokan menjadi dua komoditi: pertama emas dan perak dan kedua gandum, sya`ir, kurma dan garam. 

Transaksi Barang Ribawi
  1. Transaksi barang sejenis seperti emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum maka syaratnya ada tiga : tunai, serah terima dan sama timbangannya.
  2. Transaksi barang yang sama `ilat (dalam satu kelompok) seperti emas dengan perak maka syaratnya ada dua: tunai dan serah terima.
  3. Transaksi barang yang berbeda jenis dan `ilat seperti perak dengan gandum maka tidak ada syaratnya, maksudnya tidak harus memenuhi salah satu dari tiga syarat diatas. 
Dengan kata lain jika terjadi traksaksi tidak sesuai dengan syarat-syarat diatas maka transaksi tersebut dikatakan riba seperti contoh kita menukarkan satu gram emas dengan satu gram lebih emas yang sama.



Macam-Macam Riba

Secara garis besar riba bisa dibedakan dalam empat kategori

  1. Riba fadli : menukarkan barang sejenis dengan tidak sama. Contohnya eperti menukar emas satu gram dengan emas satu gram lebih
  2. Riba qardi : utang dengan syarat ada keuntungan bagi yang memberi hutang. Contohnya seperti memberi hutang seribu minta dikembaliin seribu lebih.
  3. Riba yad : berpisah dari tempat akad sebelum serah terima. Contohnya seperti membeli beras satu kg, sebelum berasnya ditimbang dan diserahkan kepada si pembeli, si pembeli atau si penjual sudah pergi duluan. Padahal belum diketahui apakah berasnya benar-benar ada 1 kg atau tidak.
  4. Riba nasa` : karena adanya penundaan serah terima pada transaksi barang ribawi (seperti  emas, perak, gandum, sya`ir, kurma, garam). Riba dalam nasi’ah muncul karena adanya perbedaan, perubahan, atau tambahan antara yang diserahkan saat ini dengan yang diserahkan kemudian. Sebagai contoh barter Contohnya seperti barter emas, si penjual menyerahkan emasnya saat ini sdangkan si pembeli baru menyerahkan emasnya satu minggu kemudian.

Praktek Riba Disekitar Kita

  1. Bunga bank
  2. Marketing plan binari (bina kanan bina kiri, pasangan)
  3. Praktek rentenir

SUMBER BACAAN
http://www.konsultasisyariah.com/riba-haram/
http://id.wikipedia.org/wiki/Riba
http://almanhaj.or.id/content/2201/slash/0/perbedaan-antara-riba-fadhl-dan-riba-nasiah/
http://www.titokpriastomo.com/fiqih/pengertian-riba-jenis-jenis-riba-contoh-contoh-riba.html
http://alquran-sunnah.com/kitab/bulughul-maram/source/7.%20Bab%20Jual%20Beli/3.%20Bab%20Riba.htm
http://al-badar.net/pengertian-hukum-dan-macam-riba/

http://www.academia.edu/4597678/MAKALAH_MUAMALAH_FIQIH_-_Jual_beli_Qiradh_dan_Riba

http://alquran-sunnah.com/kitab/bulughul-maram/index.html?page=source%2F7.%20Bab%20Jual%20Beli%2F3.%20Bab%20Riba.htm

http://www.masuk-islam.com/pengertian-riba-dan-pembahasannya-lengkap.html

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar