Cari Blog Ini

Minggu, 16 November 2014

MUSYARAKAH (Serikat atau Kongsi)

Pusat Bisnis Musyarokah

Bin Muhsin Group

Toko Diskon Jakarta
Pengertian

Musyarakah adalah Kerjasama antara dua orang atau lebih untuk mencari keuntungan bersama. Masing-masing pihak memiliki hak dan kewajiban sendiri-sendiri sesuai kesepakatan yang berlaku. 

Dasar Hukum

Al-Qur`an

”Jikalau saudara-saudara itu lebih dari seorang, maka mereka berksekutu dalam sepertiga itu”. (QS. An-Nisa : 12)

”Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berkongsi itu sebagian mereka berbuat zalim kepada sebagian lain kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh”. (QS. Ash-Shad : 24)

Al-Hadits

”Rahmat Allah swt tercurahkan atas dua pihak yang sedang berkongsi selama mereka tidak melakukan pengkhianatan, manakala berkhianat maka bisnisnya akan tercela dan keberkatanpun akan sirna dari padanya”. (HR. Abu Daud, Baihaqi dan Al-Hakim)



Rukun Serikat

  1. Orang yang berserikat
  2. Akad
  3. Pokok pekerjaan 

Syarat Menjadi Anggota Serikat

  1. Berakal
  2. Balig (berumur 15 tahun)
  3. Merdeka dan atas kehendak sendiri

Macam-Macam Serikat

Dari beberapa jenis serikat yang ada kali ini kita hanya akan menjelaskan satu serikat saja yaitu  Serikat Harta ( Serikat `Inan)

Serikat `inan adalah perserikata dua orang atau lebih  mengenai harta, baik mengenai modalnya, perawatanya, maupaun keuntungannya. Besarnya keuntungan tiap orang ditentukan berdasarkan kesepakatan, tidak melulu berdasarkan besarnya partisipasi. 

Mengenai harta yang digabungkan hendaknya berupa uang, emas, perak, atau barang-barang yang bisa ditimbang atau ditakar seperti beras, gula dan lain-lain. Selain itu barang-barang tersebut hendaknya dicampurkan terlebih dahulu sebelum akad sehingga harta tersebut tidak bisa dibedakan lagi mana harta si A dan yang mana harta si B.




TUNGGU UPDATE YAA... 

SUMBER BACAAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Musyarakah
http://badilag.net/data/ARTIKEL/EKONOMI%20SYARIAH/aplikasi_musyarakah_dan_mudharab.pdf

http://www.academia.edu/7585209/AKUNTANSI_SYARIAH_AKAD_MUSYARAKAH

http://economicvalueoftime.blogspot.com/2012/10/pengertian-skema-dan-contoh-musyarakah.html

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar