Cari Blog Ini

Senin, 10 November 2014

KULIT MANGGIS SEBAGAI ANTIALERGI

Sesuatu yang bisa menyebabkan alergi misalnya adalah makanan yang dikonsumsi, udara panas, udara dingin, debu, patogen penyebab penyakit. Penyebab tersebut ketika menyerang tubuh, tubuh meresponnya dengan mengeluarkan histamin, nah proses inilah yang disebut alergi. Alergi biasa dikatakan sebagai proses pelepasan histamin karena interaksi antigen dan antibodi. Sebagai tanda atau gejala alergi terlihat dengan munculnya bercak-bercak merah pada kulit, gatal, dan terkdang disertai demam. Demikian jelas Warisno dan Dahana (2012).

Warisno dan Dahana (20120 dan Tim Holistic Health Solution (2012) menjelaskan jika Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati alergi adalah dengan konsumsi buah manggis, terutama bagian kulitnya yang kaya akan zat xanthone yang berfungsi mencegah pelepasan histamin dan sintesis prostaglandin E2 . Keduanya merupakan senyawa yang dilepas saat alergi terjadi. Sebuah penelitian juga berhasil membuktikan jika senyawa xanthone berupa alpha-mangostin dapat menghambat pelepasan reseptor pembuat histamin, sedangkan gamma-mangostin dapat menghambat pelepasan reseptor penghambat serotonin.


Akan lebih hebat lagi jika pencegahan dan pengobatan alergi disertai dengan Konsumsi sesendok madu murni setiap hari berkhasiat mencegah dan mengobati alergi. Hal tersebut misalnya telah dibuktikan oleh Dr. William Peterson, spesialis penyakit Alergi di Universitas Iowa Amerika Serikat yang telah melakukan pengobatan terhadap 22000 pasien alergi dengan madu (Hammad,2009). Untuk alergi kulit ada yang menyarankan mencampur madu dengan vaselin dan minyak bunga, kemudian dibalurkan pada kulit yang terkena alergi setiap pagi dan sore (Saqa, 2010).

Tentu saja pengobatan alergi dengan madu juga harus disertai dengan menghindari penyebab-penyebab alergi seperti makan telor dan mangga.

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar