Cari Blog Ini

Rabu, 29 Oktober 2014

DASAR HUKUM JUAL BELI

Dasar hukum jual beli dalam islam adalah Al-Qur`an dan Hadits. Dari sekian banyak ayat dan hadits yang biasa dijadikan rujukan dasar hukum jual beli diantaranya adalah

Al-Qur`an surat Al-Baqarah [2] ayat 275

Artinya:
... Padahal, Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. ...

Al-Quran surat An-Nisa [4] ayat 29
Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman! janganlah kamu memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di anatara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu. (QS 4:29)



Nabi Saw ditanya tentang mata pencaharian yang paling baik. Beliau Saw menjawab, “Seseorang bekerja dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur”. (HR. Bazzaar, dishahihkan oleh Hakim dari Rifa`ah ibn Rafi`)
Rasulullah Saw bersabda, “Jual beli harus dipastikan saling meridhai”. (HR Baihaqi dan Ibnu Majah).
Rasulullah Saw bersabda, “Jual beli harus dengan suka sama suka (saling ridha) dan khiyar adalah sesudah transaksi, dan tidak halal bagi seorang muslim menipu muslim lainnya”. (HR Ibnu Jarir).
Dari beberapa ayat dan hadits diatas bisa kita fahami jika jual beli itu adalah perbuatan yang halal selama dilakukan atas dasar suka sama suka dan bebas dari aksi tipu-tipu. Bahkan pedagang yang baik sama mulyanya dengan para shiddiqqin dan para Nabi.

Selain kehalalan jual beli kita juga bisa memahami keharaman riba, yaitu bentuk transaksi yang batil (tidak benar) karena misanya tidak saling ridha atau ada salah satu pihak yang dirugikan.

Pada akhirnya para ahli hukum islam mengambil satu keputusan jika hukum asal dari jual beli adalah mubah. Hukum asal ini kemudian bisa berkembang sesuai dengan kontek jual beli yang terjadi. 

SUMBER BACAAN:
http://www.artikel.majlisasmanabawi.net/hukum-jual-beli-menurut-al-quran-dan-hadits/
http://www.masuk-islam.com/pembahasan-jual-beli-dalam-islam-lengkap-pengertian-rukun-dalil-dan-syarat-jaul-beli.html
http://pustaka.abatasa.co.id/pustaka/detail/fiqih/muamalah/873/dasar-hukum-jual-beli.html
http://www.academia.edu/4597678/MAKALAH_MUAMALAH_FIQIH_-_Jual_beli_Qiradh_dan_Riba

Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar