Sabtu, 13 Juli 2013

HATI – HATI BANYAK “PENIPU” DI TOKOPEDIA


Setelah menulis beberapa artikel tentang kelebihan, kemudahan, peluang, dan profesionalitas tokopedia, maka kini saatnya saya menulis tentang kritik dan beberapa kejahatan yang mungkin terjadi di tokopedia. Artikel ini saya tulis sebagai nasehat bagi diri saya sendiri dan juga teman – teman di tokopedia agar tidak tertipu oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab maupun oleh syetan diri kita sendiri.
Celah – celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk melakukan kejahatannya misalnya adalah


1.      Harga murah tapi timbangan berat : konsumen jangan sampai tertipu membeli barang dengan harga lebih murah tetapi ujungnya akan ketemu ongkos kirim lebih mahal karena misalnya jarak yang lebih jauh atau timbangan yang lebih berat. Penjual tidak mengambil untung di harga barang tetapi dia mengakalinya di dengan menaikkan timbangan barang atau packing barang.
2.      Barang asli tapi palsu : jangan sampai tertipu dengan barang aspal, karena berbagai asalan sering kali penjual tokopedia menjual barang – barang aspal. Dari harga misalnya, sering kali ada satu barang yang kelihatannya sama tetapi harganya berbeda jauh, bahkan sering kali sampai 399%. Mustahil.... dan ini salah satu indikasi barang aspal.
3.      Barang ilegal : ilegal disini bisa di artikan tidak sesuai dengan harga resmi , tidak sesuai dengan peraturan pemerintah, dan melanggar aturan-aturan lainnya. Kejahatan ini bisa dibilang dilakukan oleh semua penjual yang menjual produk – produk MLM. Apapun alasannya pada akhirnya ilegaloging ini mematikan pasar saudara – saudara kita lainnya. Untuk hal ini saya sendiri kadang melakukannya, oleh karena mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kedepan bisa memperbaikinya. Amin
4.      Barang haram : sebagian pedagang tokopedia kadang tidak memperdulikan halal haramnya suatu produk. Asal dapat duit jual saja. Sebagai contoh adalah jualan narkoba atau jualan dari produk – produk yang dilarang oleh agama.
5.      Tenggang waktu respon order : Tokopedia memberikan tenggang waktu sekitar 6 hari untuk selesainya proses transaksi. Jika tidak ma susah maka kita jangan terjebak oleh tenggang waktu ini. Contoh sederhanya ketika kita dapat order kemudian kita bermaksud mengirimnya dengan sistem dropship dari tokopedia, ehh ternyata pemilik toko baru mengirimnya sekitar 5 hari kemudian, maka habislah kita di caci maki pelanggan. Kalau begini kan serba salah. Apalgi di tokopedia banyak sekali yang dengan berbagai alasan mereka tidak bisa mengirim pesanan tetapi tidak juga menolak order yang masuk.
6.      Tampilan photo produk : Jangan tertipu dengan photo produk yang kadang dibuat dengan rekayasa photografi sehingga tampak lebih indah dan menarik daripada aslinya.
7.      Stok barang : Pastika stok barang yang mau anda beli benar-benar ready dengan cara bertanya kepada pemilik toko lewat inbox, diskusi, SMS atau saluran lain yang tersedia. Meskipun dibenci pemilik toko tetapi ini sekaligus bisa buat semacam test bagi pelayan toko dimana kita akan belanja.
8.      Barang kadaluarsa : Hati – hati dengan barang – barang yanghampir kadaluarsa. Pastikan barang yang mau kita beli masa kadaluarsanya masih jauh. Jangan sampai seblum barang yang kita beli habis sudah kadaluarsa duluan.
9.      Logika konsumen : sebagai calon pembeli tetap harus menggunakan logika, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murag, harga diskon atau jebakan-jebakan betmen lainnya. Prinsipnya mau dijual model apapun si penjual pati untuk, ngapain kalau jualan tidak untuk. Jika harga murah pasti kita aka “dimakan” dari sisi lainnya oleh penjual. Misalnya karena stok lama, barangsudah tidak dalam kondisi terbaiknya, dan lainnya lagi.
Itulah sedikit hal yang harus diperhatikan bagi kita yang berkecimpung di dunia tokopedia dan semoga bermanfaat.
Akhirnya marilah kita sama – sama berdo`a semoga kita menjadi pedagang dan pembeli yang jujur dan menjauhi riba dan ilegaloging sehingga bisa menjadi jutawan tokopedia yang diridhoi Allah SWT. Amin.
Sertakan amin, like dan share agar anda menjadi bagian dari terkabulnya do`a kita bersama ini. Amin Amin Amin


Visi dan Misi Pesantren Blogger: Menjadi komunitas Blogger Santri Pengusaha yang beribadah dengan Ngeblog Nyantri Wirausaha. email pengelola: pesantrenblogger@gmail.com Blog: www.pesantrenblogger.blogspot.com

114 komentar:

  1. Ya, benar om. Pengalaman pertama saya justru berakhir dengan adanya 'selisih' ongkos kirim. Sungguh pengalaman yang mengharukan.
    Sesama bis kota dilarang saling mendahului. Tapi, saya malah ditabrak. :)
    Sebuah pelajaran bagi pebisnis online lainnya agar jangan sekali-kali mengecewakan konsumen. Karena akan menular.

    Tabik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar... pada akhirnya hanya pelaku BIS yang amanah yang akan terus berjaya

      Hapus
  2. pengalaman saya beli disni, barangnya sudah kadaluarsa.. ckckck..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga jadi pengalaman berharga... bagi yang lain tidak ada salahnya menanyakan dulu kepada penjual masa kadaluarsa produk yang akan dibelinya... semoga bermanfaat dan menjadi berkah bagi semua... amin

      Hapus
  3. Minta dikirim uang transfer lewat Mandiri... uang sudah diterima, sudah kita konfirmasi...sudah kita kirimi foto bukti transfer, masih minta nomer rekening pengirim...maksudnya apa? Mau mempersulit atau memang mau main2 dengan nomer rekening kita? Eeee... kita minta batalin transaksi nggak bisa katanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. refund.y bisa ditransfer kok, saya juga pernah minta refund kelebihan pembayaran alhasil refund.y sudah masuk ke rekening bank saya,,, uang saya kembali dan pesanan pun saya terima...

      Hapus
    2. Yudhakirana jgn salah sangka, permintaan nomor rekening dalam hal ini hanya untuk crosschek sistem, walaupun kita membayar sudah menggunakan kode unik, bisa ada kemungkinan dimana jumlah nominal dan kode unik antar pembeli sama, hal ini bisa terjadi ketika anda tidak langsung saat itu membayar misal menunggu 1 hr berikutnya sedangkan sistem terus secara random membuat kode unik pembayaran. dalam sistem crossceknya lebih akurat dengan adanya kode unik dan nomor rekening pengirim.

      ini lah tantangan membuka toko online di indo... orangnya kadang ngga ngerti sistem asal main tembak nge blacklist olshop, sialnya kalo yg ngebaca juga ngga ngerti maksutnya juga tambah rame dah yg nge-blacklist, buat yg ngerti pada geleng2 kepala

      Hapus
    3. bukan tokopedia yg salah. tapi anda yang belum paham sistem di tokopedia. norek itu diminta utk mencocokkan antara angka yg tertera di bukti transfer dengan data transfer masuk di tokopedia. yg transaksi itu ada ribuan, bukan hanya anda. jadi bukti transfer tidak cukup utk pendataan karena nama pentransfer tidak tertulis di situ. kalo sekedar angka nominal saja sih, bisa banyak yg sama.

      Hapus
    4. Pengalaman saya belanja di Toko Pedia memang banyak penjual yg nakalan seperti diuraikan diatas, namun dari pihak toko pedia saya rasa tidak ada masalah yakni baik-baik saja, malah sistem di toko pedia saya rasa yg terbaik dari semua toko online yg ada. Malah saya perna belanja di Lazada transfer uang tidak diakui, bolak balik suruh kirim foto bukti transfer dan sudah saya lakukan. hasilnya tetap nihil, sampai dimintai no. ATM empat digit segala. biarlah dimakan uang itu untung gak banyak cuman Rp.165.000,-

      Hapus
  4. Catatan: Maaf sekedar berbagi pengalaman. Kejadian diatas terjadi mungkin karena saudara Yudhakirana belum input no rekening di akun tokopedia. Jika sudah input ketika konfirmasi order dibutuhkan no rekening asal untuk kepentingan refund dana ketika transaksi gagal atau ada masalah.

    Yang harus diperhatikan jangan sampai yang minta no rekening kita adalah oknum.. terima kasih.. semoga bermanfaat dan sukses di bisnis online... amin

    BalasHapus
  5. pengalaman belanja di tokopedia,barang sesuai,cepet juga,api pengalaman kedua krn barang g bs dkirim uang yg dbalikin k saya g 100%,alias dipotong banyaakkk

    BalasHapus
  6. Maksudnya yang motong admin tokopedia atau pemilik toko? jika pemilik toko maka senjata paling ampuh yang bikin dia ketakutan adalah tulis pesan pada komentar atau review barang. Tulis saja tentang pegalaman dia yang buruk...

    BalasHapus
  7. pengalaman saya beli melalui tokopedia.. waktu itu beli makeup mac pallete, blush on, naked dan untuk dijual lagi. trs saya bilang " packingnya yg rapih ya mb jngn sampe ancur pada proses pengiriman.." kemudian sang pemilik menyarankan untuk menambahkan plastik bable. okelah gpp. demi keamanan barang.. tapiiiii plastiknya diitung 1 barang, 1 plastik dan 1 plastiknya itu di hargai 2000. jadi 2.000x sekian... pfttt -__-
    setelah barang sampe. ternyata gak semua barang dikasih plastik bable . kupikir plastinya gede sampe menggulung tebel pada barangnya. eeh nggak taunya cuma saparo gulungan. itu aja gak semua barang dikasih plastik bable. padahal perjanjian awal gak bgitu.
    setelah dicek dicek dicek ternyata barang yang dikirim gak sesuai dengan orderan saya. minta warna ini dikasihnya warna itu. dan parahnya lagi ada 1 barang (1 lsuin) gak dikirim -_- gak tau kelupaan apa emng sengaja ditinggal. udah gitu aku liat kwitansinya ternyata selisih di ongkir juga. masya allah. lintah darat -__-
    nah kalo diitung2 hasilnya juga sama harganya kayaknya murah tapi kalo bgitu sama aja bo'ong kan ? malahan untungnya dia lebih banyak untung di ongkir, di plastik bablenya dan di barang yang ditinggal tadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah... bagi yang mengalami pengalaman seperti ini maka bisa manfaatkan "admin tokopedia" untuk komplain barang dengan langkah awal menekan tombol "tidak terima barang" kemudian kasih lasan jika barang yang dia terima tidak sesuai pesanan atau bla bla...

      Dengan cara ini maka penjual tidak bisa menarik dana karena di tahan admin sehingga terjadi kesepakatan bersama antara penjual + pembeli = admin

      Semoga bermanfaat
      Salam Sukses di bisnis online syariah bersama tokopedia http://www.tokopedia.com/binmuhsingroup

      Hapus
    2. Saya transfer 2 kali ke rekening tokopedia, lalu saat konfirmasi pembayaran, saya salah.
      Saya konfirmasi 2 transaksi sekaligus alhasil jumlah pembayarannya beda.
      Lalu saya fotokan 2 bukti transfer saya.
      Yg dikembalikan ke saldo tokopedia hanya sebagian.
      Sudah 2 hari lebih laporan tp blom di tanggapi jg.

      Hapus
    3. Sy pernah gini mas. Bs diakali dg atc kembali trs pas komfifm pmbayaran dikolom keterangan tggl tulis "sy sudah transfer sekian pd invoice ini. Sy slh masukin.angka atau gmn gt

      Hapus
    4. Pantas Visa dan Mastercard belum bekerjasama dgn tokopedia ini. Kalau sistemnya masih pelotot-matis pastinya rawan human error. Mana tahu si admin sedang main solitaire dan tergantung mood untuk balas setiap complain yg datang.

      Hapus
  8. jadi takut pesan di toko pedia ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terpenting adalah belanja pada toko "yang amanah" toko yang memang benar-benar mau jualan sehingga apapun yang terjadi sang pemilik toko tetap bertanggung jawab dan bisa diajak kerjasama... kheemm semoga bermanfaat dan eiitt... kini memang sudah jamannya belanja online dan bisnis online syariah

      Hapus
    2. ga usah takut mbak,saya sudah beberapa kali belanja disini tapi sampai saat ini masih aman2 saja kok......misalkan ga cocok kadang saya hanya bisa mengiklaskan saja. biar saja dia makan uang segitu paling juga dia yg menipu ga bisa kaya raya......hehehe.

      Hapus
  9. Saya selama ini oke2 aja tuh belanja di tokopedia. Sebelum belanja liat dulu ulasan dari pembeli sebelum2nya. Jangan asal murah langsung ambil, ingat harga :murah" kadang kualitasnya jgua "murahan"

    Dan kalau belanja di Tokopedia, bayarnya juga HARUS pastikan ke nomor rekening tokopedia agar tidak TERTIPU. Kalau mau yg instan bayarnya pakai pembayaran instan macem klikpay, e-cash. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan... moderasi dari admin tokopedia membuat kita merasa nyaman dan aman... karena jika barang tidak sesuai dengan pesanan kita maka tinggal klik tombol "btidak terima barang" terus laporin dech ke admin tokopedia... beress bukan .. selamat belanja dan bisnis online syariah semoga sukses dan menjadi berkah bersama... amin

      Hapus
  10. alhamdulillah.....aku belanja ditokopedia aman2 saja malah sempat bayar namun transaksi di cancel krn telat transfer dan aku email ke admin tokopedia langsung di urus dengan melakukan pemesanan ulang dan pesanan terkirim dengan cepat dan harga pengiriman sesuai harga di JNE.
    Dan bagusnya selama pesanan belum sampai terupdate mulai no resi, terkirim sampai pesanan ada ditangan kita, profesional lah .

    BalasHapus
  11. hmm... kok gitu yaa??? tapi alhamdulillah selama order di tok-ped gak pernah ada masalah, sekedar berbagi pengalaman, ane klo mau order yg pertama ane liht itu DISKUSI PRODUK, cpt gak sang penjual balas pertanyaan calon konsumen dsb. kedua lihat ULASAN, brp bintang yg dia dpt u/ produk tersebut, gimana komentar para pembeli tentang kualitas produk tsb, dsb. ketiga lihat/cari kontak person sang penjual, memastikan bahwa itu memang no tlp sang penjual, agar kita bisa tnya langsung e penjual, itu aja sih beberapa acuan ane klo order di tok-ped n alhmd lancar jaya serta jjadi punya toko langganan yg memang paham apa maunya kita sebagai pembeli...

    BalasHapus
  12. Numpang nanya gan....
    Gimana misalnya klo kita beli barang.terus uang sudah di transfer sesuai dengan aturan tokopedia..namun barang ttidak dikirim ke si pembeli.....apakahdemikian uang si pembeli dapat di kembalikan.....???????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa... dana akan otomatis masuk ke rekening tokopedia anda.
      Prosesnya ada beberapa jalan:
      1. Jika penjual tidak input no resi, setelah jangka waktu tertentu dana akan kembali ke pembeli
      2. Jika pembeli mengklaim tidak terima barang, setelah jangka waktu tertentu dana akan kembali ke pembeli.
      3. Sesuai kesepakan penjual dan pembeli, jika perlu dibantu moderator oleh admin

      Hapus
  13. bagai mana kalau beli sepatu baru yg dikirim sepatu butut heheheh apakah duit bisa kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begituh mah tekan saja tombol tidak terima barang maka admin akan memoderasi anda untuk klaim pesanan tidak sesuai... selanjutnya tergantung kesepakatan anda dan penjualnya...

      Hapus
  14. Sudah sering belanja di tokopedia sampai saat ini aman aman saja, pengiriman cepat ,memang sebelum belanja saya selalu baca rewiew dulu ,ga cari yang paling murah dlu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaplah.... apalagi kalau belanjanya di tokped saya... tambah mantap lagi ha ha a

      Hapus
  15. Kebetulan saya adalah penjual sekaligus pembeli di tokopedia. Selama ini yang saya rasakan berjualan ataupun belanja di tokopedia cukup aman dan menyenangkan. Memang masih terdapat celah dan kekurangan disana sini tetapi coba bandingkan dgn jualan online di tb dan bng. Justru peluang untuk ketipu jauh lebih besar kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. sama seperti saya... bahkan bisa dibilang saya tinggalkan toko online yang lain dan fokus di tokopedia saya, saking semangatnya saya sampai punya 5 akun tokopedia yang salah satunya www.tokopedia.com/binmuhsingroup

      Hapus
  16. Saya hari ini (18-03-2014) bermaksud pesan barang di tokopedia, tapi saya ragu karena banyak cerita negatif alias kekecewaan dari banyak pihak, blog ini sangat bermanfaat bagi tokopedia (Sebagai kritikan yang membangun) dan juga bagi saudara-saudara yang mau belanja secara online via manapun juga, karena pengalaman adalah bukti nyata,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heee.... biar kaga hanya denger cerita langsung saja belanja... nah.. nanti tahudech bagaimana rasanya belanja di tokopedia... apalagi di tokopedia saya ha ha ha www.tokopedia.com/binmuhsingroup seruuuu

      Hapus
  17. Saya pelanggan belanja dari too pedia sejak 2011 sampai sekarang tidak pernah ada merasa ditipu,dibohongi,bahkan yang saya rasakan penjual ditoko pedia jujur dengan saya krn bisa saya liat jika ada kelebihan uang dalam perhitungan transaksi pihak toko mengembalikannya didalam barang yang dikirim.
    sebenarnya belanja di toko pedia ini sangat aman,karena semu transakasi kita di pegang oleh admint toko pedia jadi jika barang yang kita pesan tidak sesuai kita bisa langsung komplen,atau tidak terima kita bisa laporkan juga,nah yang penting jika mau belanja diperhatikan juga cara dan banyak bertanya ke penjual mengenai stock barangnya

    salam hangat
    pelanggan Toko Pedia sejak 2011

    BalasHapus
  18. saya adalah pembeli aktif di tokopedia dan sedang belajar menjadi penjual dengan membeli barang yg ada di tokopedia. Selama saya menjadi member saya lebih banyak sukanya, memang saya pernah mengalami kekecewaan tapi gak apa lah itu biasa ada penjual yang kurang pintar,,, untuk yang masih ragu belanja di tokopedia mulai sekarang tokopedia sudah jadi toko online yang terpercaya insyaalloh.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat... kekecewaan saya satu-satunya adalah kepada penjual tokopedianya yang kadang lama kirim barang... walau dia tidak bisa dibilang salah karena memang masih sesuai kesepakatan bersama... tetapi sebagai dropsipper di komplain sama pelanggan tiam jam he he

      Hapus
  19. Untuk saat ini, Saya rasa Tokopedia merupakan situs jual beli online yang paling baik, banyak fitur2 Tokopedia yang sangat menguntungkan buat para penjual, & juga para pembeli, dari mulai fitur rekening bersama yang di miliki Tokopedia, Customer Service yang selalu siap untuk menanggapi hal2 kecil dari para membernya, contohnya: (Saya pernah mengalami 1 kejadian, dimana barang yang Saya beli bermasalah, Saya langsung call Customer Servicenya, setelah itu, CSnya sangat respon sekali dengan masalah Saya, dan selalu mengupdate masalah Saya di inbox secara pribadi, kalo di fikir2, member Tokopedia bukan cuma 1 sampai 2 orang saja, tapi mungkin ribuan orang.. Dari hal ini sudah terlihat, bagaimana pelayanan yang di berikan Tokopedia kepada member2nya, sangat baik sekali menurut Saya)
    Dari masalah2 yang Saya baca di atas, Saya rasa, kita sebagai pembeli onlinelah yang harus lebih teliti & lebih bijak saat kita melakukan transaksi online tsb, & bukannya menyalahkan situs jual beli onlinenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas hitomi rayz... kesalahan sedikit saja di bisnis online bikin waktu transaksi jadi lebih lama... apalagi jika keteu toko yang ramai pembeli.. bisa molor lagi tuh waktunya... soo jadi seperti yang hitomi bilang... hati-hati saja jangan sampai salah klik he he

      Hapus
  20. Saya punya cerita negative tentang Toped, ceritanya saya trauma sama pelayanan Toped, ini bkn toko nya ya. Pesan saya hati2 bertransaksi di Toped. 4 hari lalu belanja di toped tgl 19 maret 2014 disalah satu toko di Depok setelah melakukan pembayaran ke rek mandiri Toped by sms banking, saya langsung berencana melakukan konfirmasi pembayaran, eh saya salah pencet tombol BATAL...nah otomatis transaksi hilang padahal sudah transfer. saya kirim pengaduan ke CS Toped mungkin lebih 10 kali tapi tidak ditanggapi...saya minta balikin dulu uang saya , tp gak dibalikin..sampai sekarang ...
    INTINYA: HATI2 JANGAN MUDAH PERCAYA DGN TOPED KRN PERUSAHAAN SEBESAR ITU BISA AMBIL UANG YG BUKAN HAKNYA.....TOPED SEBAGAI PIHAK KE-3 TP TIDAK AMANAH!! SAYA TRAUMA GAK MAU TRANSAKSI DGN CS TOPED, KLO MMG BUTUH SAYA MNT NO HP/PIN SI TOKO DAN LAKUKAN TRANSAKSI TNP PERANTARA.
    Bener2 disayangkan...perusahaan sekelas toped kok kayak gitu....uang saya gak dibalikin 357 ribu, bagi saya itu bukan jumlah kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika komplain secara online tidak berhasil mungkin bisa dicoba datang ke kantor fisiknya secara langsung, selama kita bawa bukti transfer saya kira mereka tidak bisa menolak untuk mengembalikan uang yang sudah kita setor... tks sudah berbagi pengalaman disini

      Hapus
    2. kalo mau minta dana dibalikin, ada prosedurnya kok... yaitu klik fitur "tarik dana". tapi anda harus mencantumkan nomor rekening di profil toped anda utk pengembalian dana tsb. jadi, bukan dengan cara kirim pesan minta refund spt itu. kalo tidak sesuai prosedur, kirim pesan seribu kali juga ga bakalan dibalikin. anggota tokopedia ada ribuan.... masa hrs ngurus refund secara manual satu per satu sih? coba deh, anda cantumkan norek anda di profil anda, lantas anda klik fitur "tarik dana". pasti dibalikin....

      Hapus
    3. untuk anonim maaf sbelum nya, saya bukan membela tokped ya tapi saya pernah punya pengalaman yang sama persis dengan anda dimana saat saya sudah cekout sudah transfer uang di rekening tokped eeeehh g tau nya saya salah pencet jadi terhapuslah kolom konfirmasi nya terus uang saya jadi berstatuss gantung artinya tidak di rek penjual dan tidak bisa di masukkan k dalam saldo toped saya karena tidak ada transaksi pembatalan, akhir nya saya komplain ke admin tokped dan alhamdulillah uang saya bisa di ambil dengan cara di transfer ke rek saya yang sudah saya daftarkan di tokopedia, oh iya,,, saya juga menggunakan sms banking waktu itu,,, untuk yang belum lama belanja di tokopedia memang anda akan menemukan banyak pengalaman suka duka nya.... tapi saya rasakan tokped adalah salah satu toko online yang cukup aman

      Hapus
    4. Waaah, si Anonim ini sepertinya sangat panik sampai kirim pesan di Inbox sampai 10 x.
      Saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu, tapi kemudian saya pikir secara logika aja. Ketika saya sudah transfer tapi saya malah salah pencet "cancel button" ya sudah, saya pesan ulang saja, kemudian saya langsung konfirmasi (lagi) pembayaran. Hari itu juga langsung diverifikasi oleh admin Tokped. Gak perlu sampai panik inbox sana sini, teriak sana sini minta refund. 1 hal penting yg perlu dipahami oleh para pembeli online shop, baca dan pahami dulu rule dan TOS-nya, jangan asal tuduh sana sini eeh ternyata belum paham peraturannya, jadi malu sendiri kan...

      Hapus
  21. sedia peralatan bekam kunjungi www.al-muslimstore.com

    BalasHapus
  22. saya sudah beberapa kali belanja di tokopedia, alhamdulillah aman-aman saja. jika kita sudah mengenal sistem di tokopedia, sebenarnya transaksi di tokopedia sangat aman kok, karena kenakalan penjual ataupun pembeli bisa diantisipasti.

    BalasHapus
  23. Klo pgn g ribet pke aja MANDIRI CLIKPAY,MANDIRI E-CASH,,
    G perlu konfirmasi pembayaran,pembayaran langsung diverifikasi,,
    Dan 1lg, seseorang yg sudah berani berjualan ditokopedia,berarti dia emang niat berjualan,penipu g akan berani berjualan ditokopedia karna tokopedia memakai semacam sistem REKBER atau pihak ke -3,,
    Dan untuk penjual yg usil,pembeli diharuskan mengisi REVIEW dgn keadaan barang yg sebenarnya,BUKAN TEMPAT KONFIRMASI PENERIMAAN, review dibuat apa adanya,klo jelek ya ditulis jelek,klo bagus ditulis bagus.
    Kalau ada 1aja review yg jelek pada suatu barang bisa dipastikan barang itu akan turun penjualanya,,,
    Salam sesama pemakai tokopedia

    BalasHapus
  24. alhamdulillah.. aq selama bbelanja di tokopedia aman" saja koq.. n belum ada yg mengecewakan.. aq mancari" toko" yg memang sudah banyak melakukan transaksi dan ulasan' yg dberi pelanggan memuaskan.. baru aq berani belanja di toko tersebut...

    BalasHapus
  25. alhamdulillaah... selama saya berbelanja di tokopedia aman" aja koq... saya mencari toko" yg memang sudah banyak melakukan transaksi n melihat dari review" pelanggan yg memuaskan,saya baru berani belanja di toko tersebut...

    BalasHapus
  26. Saya sih sebagai supplier aktif menjadi penjual sekaligus pembeli di tokopedia sangat ,merasa aman dan nyaman.
    Tidak ada miss sedikitpun, apalagi akan ada fitur review pembeli walaupun masih ditinjau ulang.
    Itu sangat membantu penjual untuk mengkritik pembeli juga. Bukan cuma penjual yang bisa nakal, pembeli juga banyak yang lebih nakal :)

    BalasHapus
  27. management yg rapi. terorganisir. serta system yg full kontrol, sangat penting untuk toko profesional. harus ada konsep yg sangat bagus. nila setitik akan merusak susu sebelanga.

    BalasHapus
  28. aku mau mencoba beli kamera mini,semoga berhasil

    BalasHapus
  29. aku mau coba beli babyliss ah, semoga berhasil jg :)

    BalasHapus
  30. Saya sering belanja di tokopedia. Sejauh ini aman. Pernah orderan saya tidak sanggup disediakan oleh penjual. Uang saya bisa dikembalikan utuh.
    Dari sisi pembeli, sistemnya lebih bagus daripada t*******s.com dan b*******a.com.

    BalasHapus
  31. BENAR SANGAT SANGAT DIANJURKAN UNTUK TIDAK BELANJA ONLINE LEWAT TOKOPEDIA, KARENA PEMILIK TOKOPEDIA TIDAK TAHU BARANG YG DI JUAL DI TOKONYA, HANYA JASA PASANG WEBSITE TRANSAKSI DI SERAHKAN KE KONSUMEN & PENJUAL SEPENUHNYA, JADI TOKO PENJUAL ITU ADA ATAU NGGAK, BARANGNYA JAMINAN ATAU NGGAK TIDAK ADA JAMINAN DARI TOKOPEDIA, MENDING CARI AJA TOKO ONLINE LAIN YG LEBIH KREDIBEL.....DAN MAU BANTU URUS KE SUPPLIER/PENJUAL BILA TERDAPAT KETIDAK JELASAN BARANG..., TOKOPEDIA INI SANGAT BERBAHAYA...., HINDARI MEMBELI LEWAT TOKOPEDIA..

    BalasHapus
  32. Saya sering belanja online,termasuk di tokopedia dan alhamdulillah aman2 saja,mmg sistem yg diterapkan admin berbeda dr yg lain,terkesan agak lama tp lbh aman,saya prnh ada 1 pesanan yg wktu itu kehabisan stok,pihak penjual tlp menginformasikan dan menawarkan ganti spek yg diatasnya dgn hrg sama,dan mmg bagus stlh saya cek.jd tips aman blnja online itu sbnrnya ada direview,..trm kasih,

    BalasHapus
  33. awalnya sy suka berbelanja melalui tokopedia & utk sy tokopedia adalah tempat belanja online yg paling aman. klo pun ada beberapa kesalahan kecil penjual msh bersedia bertanggung jwb asalkan kita mengerti betul kegunaan dr fitur2 yg sdh disediakan oleh tokopedia dan akhirnya sy pun tertarik utk berjualan di tokopedia.

    selama ini sy melanglang buana psg iklan dimana2 tp responnya kurang tp ajaib di tokopedia responnya asiknya sy lbh cpt dpt customer/pembeli. Monggo intip toko RUMAH LILIPUT ya :)

    BalasHapus
  34. pernah juga belanja ditoped . memang sih agak ribet . sy tranfer sampe 2x karna kode uniknya berubah ubah.
    mungkin karna sy blm faham peraturan belja ditoped. dan pengalaman sy ini untuk pertama dan terakhir x' kapok dah " .

    BalasHapus
  35. ah tokopedia bagus kok..klo emang barangnya ga sesuai kekinginan bisa diretur kok..saya langganan tokopedia ga pernah ada masalah apa2..

    BalasHapus
  36. Sekedar share,, selama 2 tahun sy pembeli aktif tokopedia.. selama ini barang sesuai dan kualitas juga oke,, apalagi barang" branded dijamin harga bersaing dengan toko fisik.. pokoknya recomended deh :)

    BalasHapus
  37. sah-sah sajalah orang untuk mendiskreditkan orang lain ato wadah nilai suatu kecemburuan , kedengkian, sentimen pribadi itu biasa wong dunia ini dirusak dari hal2 yang demikian. Saya pribadi AMAN DAN NYAMAN berbelanja ditokopedia RATUSAN,... barang aku dah belanja di TOKOPEDIA.

    BalasHapus
  38. yg bilang tokopedia itu pnipu ato bginila bgitulah hanya org yg tak mngrti system dan analogi dr pasar online....saya sndiri sdh brrbelanja di tokopedia sbnyk 753 kali dr 300an toko sluruh indonesia...tak satupun bermasalah apalg trjdi pnipuan!!?. meskipun transaksi gagal krn tdk ada stok smua uang saya 100% kmbali baik.disaldo tokopdeia atopun tarik dana!!!. saya jg blanja puluhan kali di bukalapak.com dan tak 1 pun brmslh!?. bahlan skrg puluhan tmn saya jg blanja ditokopedia tak prnaj ada kndala apapun.......jd yg mnipu tokopedia ato anda???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan... buka lapak dimana saja gan??

      Hapus
    2. Kbanyakan duit y gan

      Hapus
  39. Udh 3th blanja di Tokopedia..alhamdulillah baik2 aja n gak prnh ada mslh_Bahkan trkdang pihak Tokopedia sndiri bbrp kali telpon sy utk konfirmasi_Sy jg sring klo blanja dgn setoran yg dilebihkan shg sisa uang trsimpan di withdraw..mmg sngaja agar pas mw belanja lg tinggal potong saldo...dan slma brbln2 uang sy aman aja_Klopun mw tarik dana..biasany paling lmbat bsokny masuk rek qt_Fitur2 Tokopedia mmg ribet n byk shg mmg hrs bnr2 paham n jgn hny ktn mlihat murah lngsung chekout_Slma nie klo sy blanja..dmn sy trtarik dgn ssuatu brang..sy buka smua toko yg mnjual brng trsbut dr brbgai kota..kmudian sy sortir dgn mliat kpn trakhir toko trsbt online, klo mslny "sminggu lg lalu" biasany lngsung sy tutup..tp tkrdang dr tokopedia jg ada pmberitahuan sprt "Toko ini jrang broperasi hrap tdk blanja ditoko ini"_Kmudian sy liat bintangny n pelayananny..jumlah penjualan toko dan trakhir sy liat ulasanny agar qt bs liat apa dtoko trsbut byk yg komplain ato puas dgn brang yg mrk beli_Soalny klo qt mngharapkan tanggapan cepat dr tokopedia ato sipenjual pst sulit scara yg belanja di tokopedia gak 1 ato 2 org aja..ya pinter2 qt aja lah memilahny..

    Tokopedia mmg ribet tp mnrt sy aman2 aja..oleh krn ntu lbh hati2,lbh teliti n trutama paham tnp tertarik dgn Harga Murah..

    BalasHapus
  40. mohon pencerahan
    saya belanja di toped tgl 21, malemnya keluar resi
    saya tracking invalid, sampai skrng tgl 24 masih invalid,,
    sebaiknya laporkan atau bagaimana ya?
    thanks sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama hubungi penjual dan katakan apa keluhan anda... Jika belum ada solusi baru hubungi admin... Yang terpenting anda punya kuasa penuh atas uang dan barang yang anda pesan lewat kronologo dan tombol transaksi... semoga bermanfaat.

      Jika langsung menghungi admin biasanya kurang disukai penjual dan proses jadi lebih lama...

      Hapus
  41. Wah banyak kesan negatif ya ?
    Hem untung aja mingggu kemren beli kosmetik , gak ada halangan apa2 .malah lebih cepat responnya dr tempat lain .
    Dan sekrg saya beli lagi kosmetik di tokopedia dengan toko yg berbeda . FIX ada keraguan .mudah2an barang saya sampai beneran .
    Memang sebenarnya , kitalah yg harus pintar-pintar memilih penjual yg jujur . Karena walau dngn sistem escrow pun masih ada ketidaknyamanan di masalah BARANG .

    BalasHapus
  42. WAhh kalo saya punya pengalaman jd penjualnya alias punya akun toko nya disitu...karena kesalahan beda pengiriman yg diminta dengan yg saya pakai jadilah barang yg saya kirim tidak dibayar oleh tokopedia.
    Tp kalo untuk para pembeli garansi aman n untuk penjual nya harap lebih hati2 dalam pengiriman

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah juga begitu, bos.. tp alhamdulillah pembeli bsa bekerjasama dgn baik.. demikian jg dengan team tokopedia.. tidak ada masalah, bos.. pembeli saya minta memberikan review jika barang sudah diterima.. hasilnya saldo ditokopedia saya bertambah..

      Hapus
  43. Saya baru pertama kali mencoba belanja di TOKOPEDIA
    awalnya memang susah sih maklum "gaptek" biar kata udah beberapa kali baca-baca panduannya :D
    saya juga udah cek klo penjualnya online selalu....,selau banyak diskusi produk yang ter up to date.....,banyak buyeer yang memberikan Rate tinggi..... tapi tetap pengiriman barang ku LAMA hihihi jangan takut ikhwan & akhwat sekalian yakinkan saja.
    insyaallah aman lah karna TOKOPEDIA pakai REKBER itu yang membuat saya yakin dan uang kita man 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap lanjut terus.. apalagi kalau belanja di toko saya,,, binmuhsingroup .. he he

      Hapus
  44. Tapi kalo misalnya kita transfer di bank setor tunai gimana? Kan kita belum punya bank... sumpah masih belum paham nih cara pembelian di toko pedia, takut salah.. kan misalnya kita udah semua checkout pembayaran isi alamat, terus bergegas ke bank transfer tunai, kalo udah selesai, bilang bahwa kita udh transfer ke siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung klik saja tombol konfirmasi dan isi datanya transferannya.. selesaii

      Hapus
  45. Hmm saya belum paham nih membeli barang di tokopedia, misalnya saya transfer bankmandiri, setor tunai... karna saya belum punya atm bank, terus kalo udah selesai transfer gimana bilangnya? Bahwa kita sudah transfer ke A/n tokopedia. Tokopedia nntimtau dri mana kalo kita udh transfer? Misalnya saya sudah semua masukkan alamat, smpe checkout, smpe di sesi pembayaran website tokped menunggu konfirmasi pembayarannitu maksudnya apa? Tolong pencerahannya gan,! Takut belanja di tokopedia, kitanudh transfer malah kgk ada respon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya sih langsung praktek.. belanja saja dg nominal kecil seperti 10rb misalnya... anggap saja biaya belajar ...

      Hapus
  46. makasih atas infonya.. untung enggak jadi mesen barang di tokopedia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caba lagi gan.. nanti nyesel tiak pernah belanja di tokopedia.. he he.. webab setiap bulan saya belanja ratusan kali bahkan mungkin ribuan kai di tokopedia he he ... Belanja saja bisa bikin dapat banyak duit.. apalagi jualan he he.. semoga bermanfaat

      Hapus
  47. mau tanya,
    sebenarnya standar waktu pengiriman di tokopedia ada ga sih??
    ko saya order tanggal 9 hari smp tgl 13 gini belum smp juga??
    kemarin bilangnya ready stok tanggal 12 sudah ready stok.. ehh pas udah tgl 13 bilangnya kru nya lagi sakit & tidak bisa kirim.
    sdgkn di tokopedia dikasih 3 hr proses pengiriman.
    trus pas 3 hr nya udah habis, nambah lagi, jadi 4 hari lagi.
    saya jadi bingung + takut.
    mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar waktu ada tertulis dengan jelas, baik bagi pembeli atau penjual, jadi... ikuti saja... kalau pingin waktu lebih cepat atau lebih lama misalnya... tinggal pm sama penjualnya saja...

      Hapus
  48. Mana lebih aman ya? Transaksi transfer lgs ke rek penjual atau lwat rek toped? Krn pas dilihat phitungan ongkir dr penjual lgs dgn toped kok ada selisih ya.. Lbh mahal toped 2 rb.. Mohon masukan dr yg bpengalaman.

    BalasHapus
  49. Gan sekarang aku ada sedikit masalah dengan pihak tokopedia. aku order barang nich sudah aku transfer via mandiri juga. Trus si penjual menyatakan barang sudah dikirim dan tercantum no resinya. Nah seperti biasanya nich kalo sudah ada no resi kita bisa melacak di website yg bersangkutan, namun kali ini aku bingung gan no resi yang tertera tidak sesuai dgn nama ku dan alamat ku. Aku konfirm ke sipenjual dan admin tokopedia namun sudah dua hari ini tidak direspon sama sekali gan. aku mesannya tgl 28 Juni 2014 dan aku janji sama teman ku paling lama 1 minggu dan kenyataan hingga sekarang barang pesanan aku tidak tahu kemana, tidak ada jawaban admin ataupun sipenjual, sementara teman ku sudah memvonis aku pembohong dan meminta uang dikembalikan, yahh mau ngak mau aku terpaksa kembalikan uangnya. tolong share solusinya ya gan..

    BalasHapus
  50. pengalaman saya belanja d tokopedia, saya udah transfer tapi brang ga sampe2, pas sy bbm orang yg jualnya malah ga ada balasan sama sekali, moga aja yg terima uang transferan dr saya di mudahkan rezekinya, supaya dy ga ambil Rezeki orang lain dan di buka kan mata hatinya untuk jadi manusia yg lebih baik. Amin

    BalasHapus
  51. saya beli himax pure 3 harga dibawah standar saya mau test ternyata modus on line sama aza seperti oknum H.Ir. Rizal rizaldi mafioso semoga grup mereka dilaknat allah.

    BalasHapus
  52. penipu semua to di on line mafia gadget dll tidak seperti lazada dan zelora yg merupakan lembaga shoping yang kredibel ............ tutup aza toko pedia kalau tidak bisa memfilter para penjual yg tidak kridibel, gimana ind. mau maju kalau otak cara berbisnis tidak profesional, no office dlll....blabla ampun gua ?

    BalasHapus
  53. dengar bro gua kaga asal ngomong liat tu difacebook dll

    BalasHapus
  54. gua kg asal ngomong lu merem liat penipuan liat testimoni yg kena tipu kacau kau ini

    BalasHapus
  55. Anonim26 April 2014 23.18

    BENAR SANGAT SANGAT DIANJURKAN UNTUK TIDAK BELANJA ONLINE LEWAT TOKOPEDIA, KARENA PEMILIK TOKOPEDIA TIDAK TAHU BARANG YG DI JUAL DI TOKONYA, HANYA JASA PASANG WEBSITE TRANSAKSI DI SERAHKAN KE KONSUMEN & PENJUAL SEPENUHNYA, JADI TOKO PENJUAL ITU ADA ATAU NGGAK, BARANGNYA JAMINAN ATAU NGGAK TIDAK ADA JAMINAN DARI TOKOPEDIA, MENDING CARI AJA TOKO ONLINE LAIN YG LEBIH KREDIBEL.....DAN MAU BANTU URUS KE SUPPLIER/PENJUAL BILA TERDAPAT KETIDAK JELASAN BARANG..., TOKOPEDIA INI SANGAT BERBAHAYA...., HINDARI MEMBELI LEWAT TOKOPEDIA..
    Balas

    BalasHapus
  56. Assalamu'alaikum.. Selamat pagi semuanya..
    Alhamdulillaah, saya bersyukur bisa nemu tokopedia.com, dimana usaha saya untuk bisnis online bsa terealisasi dan menjadi salah satu pintu rejeki buat saya.. saya sudah mencoba berbagai pasar online dan hasilnya galak, gak laku".. hihihihi..
    saya bergabung bulan april lalu.. tp sbelumnya hanya sekedar coba".. beli" dulu.. eh ternyata mudah aman dan nyaman.. kemudian dgn mengucap Bismillah saya mulai isi toko saya, NitNitshop, pda akhir mei.. Subhanallah baru 2hari sudah ada pesanan.. dan pembeli yg pertama kali order via tokopedia selanjutnya tinggal order via sms.. kata mereka sie biar gak ribet gitu.. hehehehe.. (saya setuju..) dari ulasan pembeli pun tidak mengecewakan.. dan walaupun mereka ada yg tidak jg memberikan ulasan entah karena apa, melalui JNE ttp aman karena selalu ada POD jika barang sudah terkirim (walaupun untuk itu harus menunggu transaksi selesai otomatis.. hihii..).. PESAN SAYA UNTUK BUYER YANG SUDAH TERIMA BARANG PESANAN, MOHON SEGERA MEMBERIKAN ULASAN/REVIEW SUPAYA DANA YANG MENJADI HAK PENJUAL SEGERA BISA DITERIMA, THANKZ..
    Pokoknya tokopedia mantap lah.. sebagai pembeli dan penjual saya benar" merasa cocok disini..Terimakasih kepada semua.. Wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siplah... lanjut terus semoga makin deres saja datangnya rizki... amin

      Hapus
  57. saya pernah beli di tokopedia alhamdulilah baik2 saja.
    Awalnya sempat kepikiran juga sih jangan2 penjual ngirim barang tdk sesuai pesanan.

    BalasHapus
  58. JANGAN BELANJA di TOKOPEDIA, BANYAK PENIPU! Barang ABAL ABAL.

    BalasHapus
  59. Kalo gw pribadi sih stop belanja online, hidup ini yg pasti2 ajah......

    BalasHapus
  60. tokopedia ok banget!!

    jual beli aman,tanpa resiko
    hanya orang berpikiran sempit menyudutkan tokopedia

    semua sudah ada tempat mengadu ke admin tokopedia kalau ada yang tidak sesuai

    pusat penjualan dvd install ulang laptop/pc

    tokopedia.com/kotaksoftware
    0823-8415-9999

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kometar yang bagus... tapi ujungnya iklan hehe... moga sukses saja ya gannn

      Hapus
  61. Dunia maya bertujuan membantu dunia nyata menjadi lebih mudah..mau maju ya harus mau susah..mau sukses juga harus mau belajar suatu yg baru.Dunia maya OlShop suatu yg baru di Indo...pelajari segala sesuatu ttg Olshop yg berupa bisnis Jual Beli dan bisnis is bisnis...ada yg jujur dan penipu. Bisnis pakai filling. Mau tidak tertipu..bangun moral dan kecerdasan pribadi masing-masing.ada Olshop sebagai Rekber, Olshop tunggal, ada juga yg memanfaatkannya hanya sebagai referral di-Olshop. Pelajari semua trik dan menjadi pintar sebagai pembeli.Bisnis itu abu-abu.Tokopedia itu sudah baik sebagai Olshop Perantara.yg tidak baik adalah penjual yg memakai jasa Olshop Tokopedia untuk berjualan dengan hanya modal dengkul...mau untung besar..tidak punya toko real..copy paste image.dll...jadi salahkanlah Toko Penjual...Bukan Admin Tokopedia...Tokopedia gk kmana-mana..biaa ditemui dan dituntut Hukum..nah Lo kejar tu Toko yg Jualan....bgtu Bro..Sis...percuma pada ributin bginian...Revolusi Mental..Bisnis Online yg bener.....
    Jangan prnah kaitkan bisnis sama Ketuhanan. Itu hal-hal Pribadi masing-masing..lihat google rules....Kalo gk mau di hapus..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukseskan revolusi mental PRESIDEN JOKOWI ...

      Hapus
  62. banyak pembeli nakal kalo menurut saya! saya adalah seller di tokopedia. sudah ada sekitar 4 transaksi yang di komplain pembeli bahwa barang tidak mereka terima, padahal jelas-jelas status pas saya tracking sudah delivered

    dan jeda waktu ketika barang sudah delivered pun lama, hak penjual untuk menerima dana jadi tertahan terus. ini sangat mengganggu sekali. dan sekarang saya sudah malas untuk berjualan di tokopedia. mending jualan di kaskus!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan... lanjut terus.. semoga sukses selalu dimanapun kita melakukan bisnis online

      Hapus
  63. Tokopedia saat ini sistemnya bagus, semua otomatis dan masih gratis

    Tokopedia mewadahi pembeli dan penjual dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya.. sebagai penjual dan pembeli kita harus paham yang ditawarkan adalah keamanan, kenyamanan untuk bertransaksi. buka lapak, jual eceran, jualan grosir, diskusi, review, menerima pesanan, menolak, tarik dana, promo(dink), input resi, traking semuanya otomatis dan masih gratis.

    Tentunya kita sebagai penjual mau jualan lancar harus terus online atau pantau email dari tokopedia, ibaratnya jaga toko. Toko kita dijaga dengan baik pembeli juga merasa terlayani dengan cepat transaksipun lancar, pembeli tak segan2 beri testimoni pujian yang membumbungkan penjual hingga kelangit jika pembeli merasa puas..

    bagi pembeli kita juga bisa memilih toko mana yang responnya cepat dengan cek kualitas rating kecepatan, akurasi, pelayanan dan jam terakhir online toko tsb sudah tersedia di tokopedia.

    sebelum klik BELI anda punya waktu untuk menilai sudah benar dan mereview testimoni karena ada ribuan toko disana dan anda bisa memilih salah satu yang terbaik.

    Semua adalah pilihan pembeli dan penjual mau bertransaksi di tokopedia atau tidak

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum.. Saya Ăϑα̲ kendala nih ditoped.. Kmarin saya pesan baju di 2 tempat yang berbeda... Uang saya transfer sekaligus apakah bisa,, tba saya konfirmasi ke 2 toko tsb..1hari kemudian dibatalkan oleh tokopedia karna belum terima uang tersebut dan disurh kirim bukti nya.. Apakah uang kita bisa dikembalikan?? Dan apa yang akan kita isi didalam email payment@tokopedia saat kirim tanda bukti nya?? Tak ada maslah kah kita transfer sekaligus karna utk hemat biaya tfr bank berda.. Mohon solusi nya

    BalasHapus
  65. Wa`alaikum Salam Warohmatullah

    1. Di tokopedia bisa 10 order konfirmasi sekaligus (jadi seharusnya tidak ada masalah)
    2. Konfirmasinya bukan kepada pemilik toko tetapi langsung kepada tokopedia lewat tools yang sudah tersedia (jadi inilah kesalahn anda)
    3. Uang bisa kembali selama anda bisa menunjukan bukti transfer ke rekening tokopedia. Kalau transfr ke rekening pemilik toko maka hubungi pemilik tokonya. Dalam kasus ini penjual baju tersebut.
    4. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  66. tokopedia aman ga, gan,.. soalnya baru mau buka shop onlean kawan mohon pencerahan dari saudara2 yang mau berbagi,. terimakasih

    BalasHapus
  67. Bagi penjual sangat aman he he... soalnya tidak ada konfirmasi identitas resmi... BAGI CALON PEMBELI HATI-HATI SAJA SOALNYA BANYAK BANGET BARANG ABAL-ABAL ALIAS BARANG KW KW KW

    BalasHapus
  68. Ada yg tau ga kl permasalahannya kita udah transfer tapi pembelanjaan ditolak oleh penjual?? gimana ya caranya komplen agar uang yg kita transfer di refund?? mohon bantuannya

    BalasHapus
  69. Dana sista otomatis masuk ke saldo tokopedia sista, selanjutnya bisa untuk belanja lagi atau di cairkan ke rekening sista sendiri...

    BalasHapus
  70. PERTANYAAN:
    MAS/MBAK SAYA SUDAH PESAN PRODUK DARI SINI DI FB SAYA AAN TAPI SAYA SUDAH TRASFER KE BCA. TOKOPEDIA ATAS NAMA IKETUT SUJANA. PEMBELIAN WHITE BEAUTY 1 buah dan L-GLUTATHIONE 2 buah dengan trasfer sebesar Rp.673.032; tapi kok di diding saya AAN saldonya masi nol dan apakah ini berarti saldo/uang saya hilang saya trasfer kira" jam 1 dan tanggal 9 oktober 2014, mohon mbak/mas bantuanya trims.

    JAWABAN:
    Langkah yang benar :
    1. Transfer ke rekening an Tokopedia
    2. Konfirmasi sudah transfer di menu tokopedia yang tersedia
    3. Setelah di konfirmasi admin tokopedia, order langsung masuk di toko saya
    4. Jadi saldo tokopedia anda tidak bertambah ( tetap nol)

    Semoga membantu

    BalasHapus
  71. pengalaman saya; 2X SY MENGALAMI DGN NEH SELER YG NAKAL DI TOKOPEDIA,,
    1.STOCK READY,, SETELAH DI ORDER TERNYATA STATUS PEMESANAN MASIH DALAM PROSES SAMPAI MENUNGGU HAMPIR 5 HARI,, SETELAH DIHUBUNGI NEH SELLER DIA KATAKAN PRODUK YG SY ORDER GA ADA ,,, AKHIRNYA DITUKAR SAMA PRODUK LAIN,,,,SETELAH ITU SELLER NGASIH NO RESI,,, SETELAH SY LACAK KIRIMAN TERNYATA TIDAK VALID,,, DAN COBA SY TELUSURI NEH NO RESI NYA TERNYATA PALSU,,,, SAYA BERHARAP PIHAK TOKOPEDIA BISA MEN CANCEL/ MEMBATALKAN ORDERAN SAYA LANTARAN NEH SELLER NAKAL YG UDAH 2X MENGECEWAKAN,
    SY TAKUT NEH MODUS SELLER

    BalasHapus
  72. Sy...baru kemaren pesan voucher Pervect Money, eh....duit udah ditransfer, kode voucher belum diterima, alasannya i-bca nya lagi gangguan, malemnya saya cek bagian halaman tokonya, tokonya langsung tutup...

    BalasHapus
  73. Alhamdulilah sy aman & nyaman blanja di tokopedia.

    BalasHapus
  74. Memang benar ada celah menipu di tokped lewat no.resi. Bukan resi palsu, tapi resi copyan. tapi ketika tahu ada yg janggal di tengah jalan, buru2lah kontak CS-nya. Yapi, untuk resi pos indonesia, mmg nggak se-update JNE. Jd harap maklum klo sering gk kedetect. Tapi perlu diakui, tokped lbh akomodatif dibanding yg lain. Menguntungkan untuk bisnis.

    BalasHapus